Nama Sekolah : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : XII / 5
Standar Kompetensi : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
Kode Kompetensi : 3
Alokasi Waktu : 32 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan | § Kondisi lingkungan hidup dijelaskan pada tingkat lokal, regional, nasional dan global § Saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik dijelaskan berdasarkan hasil percobaan § Bahaya over eksploitasi ekosistem dijelaskan berdasarkan dampaknya. | § Saling Ketergantungan § Dampak Over eksploitasi Ekosistem | § Iur pedapat tentang permasalahan lingkungan yang terdapat dalam skala lokal, regional, nasional dan global § Menunjukkan komponen biotik yang ada di lingkungan sekolah. § Melakukan kegiatan penelitian tentang Saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik § Diskusi kelompok tentang hasil kegiatan penelitian. § Presentasi hasil diskusi kelompok. § Mendiskusikan dampak over eksploitasi ekosistem terhadap kualitas lingkungan dan kualitas hidup masyarakat sekitar. § Tanya jawab hal-hal yang belum dipahami siswa. | § Observasi/ pengamatan § Laporan praktikum | 11 | 11(22) | | - Buku pelajaran 1. Buku Mata pelajaran IPA (Biologi) 2. Buku PKLH. Depdikbud Dirjen Dikdasmen 3. Buku-buku lain yang relevan - Lingkungan sekolah |
Nama Sekolah : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : XII / 6
Standar Kompetensi : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
Kode Kompetensi : 3
Alokasi Waktu : 32 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
Mendeskripsikan AMDAL | - Pengertian AMDAL dideskripsikan berdasarkan lingkup suatu kegiatan - Kebijaksanaan Lingkungan di Indonesia dijelaskan dalam hubungannya dengan kegiatan pembangunan - Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya dijelaskan secara tepat - Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak dijelaskan dengan tepat - Prosedur pelaksanaan pengambilan data AMDAL dilakukan dengan benar - Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan AMDAL diidentifiksi berdasarkan praktik di lapangan. | - AMDAL - Kebijakan Lingkungan di Indonesia - Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya - Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak | - Mendiskusikan kualitas lingkungan di berbagai daerah ditinjau dari kenyaman hidup masyarakat sekitar. - Membahas informasi kebijakan dan regulasi pengelolaan lingkungan di Indonesia. - Mendiskusikan tujuan, prosedur, dan rekomendasi yang ingin dicapai dengan adanya AMDAL sebelum melakukan pembangunan. - Melaksanaan praktik simulasi analisis mengenai dampak lingkungan pada suatu areal dengan karakteristik tertentu. - Mengobservasi langsung daerah yang telah dan sedang dibangun dan mempelajari hasil AMDALnya. - Mendiskusikan petingnya AMDAL dilaukan secara obyektif, profesional, dan cermat agar memperoleh rekomendasi yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. | · Observasi/ pengamatan · Laporan praktikum | 11 | 11(22) | | - Buku pelajaran 1. Buku Mata pelajaran IPA (Biologi) 2. Buku PKLH. Depdikbud Dirjen Dikdasmen 3. Buku-buku lain yang relevan - Lingkungan sekolah |
terimakasih sangat membantu
BalasHapus