Selasa, 11 Oktober 2011

Silabus IPA Kelas XII


Nama Sekolah                     : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
Mata Pelajaran                    : IPA
Kelas/Semester                   : XII / 5
Standar Kompetensi           : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
Kode Kompetensi                : 3
Alokasi Waktu                      : 32 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan

§  Kondisi lingkungan hidup dijelaskan pada  tingkat lokal, regional, nasional dan global
§  Saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik dijelaskan berdasarkan hasil percobaan
§  Bahaya over eksploitasi ekosistem dijelaskan berdasarkan dampaknya.
§  Saling Ketergantungan
§  Dampak Over eksploitasi Ekosistem
§  Iur pedapat tentang permasalahan lingkungan yang terdapat dalam skala lokal, regional, nasional dan global
§  Menunjukkan komponen biotik yang ada di lingkungan sekolah.
§  Melakukan kegiatan penelitian tentang Saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik
§  Diskusi kelompok tentang hasil kegiatan penelitian.
§  Presentasi hasil diskusi kelompok.
§  Mendiskusikan  dampak  over eksploitasi ekosistem terhadap kualitas lingkungan dan kualitas hidup masyarakat sekitar.
§  Tanya jawab hal-hal yang belum dipahami siswa.
§  Observasi/ pengamatan
§  Laporan praktikum
11
11(22)

-   Buku pelajaran
1.   Buku Mata pelajaran IPA (Biologi)
2.   Buku PKLH. Depdikbud Dirjen Dikdasmen
3.   Buku-buku lain yang relevan
-   Lingkungan sekolah


















Nama Sekolah                     : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
Mata Pelajaran                    : IPA
Kelas/Semester                   : XII / 6
Standar Kompetensi           : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan Amdal
Kode Kompetensi                : 3
Alokasi Waktu                      : 32 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
Mendeskripsikan AMDAL
-   Pengertian AMDAL dideskripsikan berdasarkan lingkup suatu kegiatan
-   Kebijaksanaan Lingkungan di Indonesia dijelaskan dalam hubungannya dengan kegiatan pembangunan
-   Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya dijelaskan secara tepat
-   Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak dijelaskan dengan tepat
-   Prosedur pelaksanaan pengambilan data AMDAL dilakukan dengan benar
-   Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan AMDAL 
diidentifiksi berdasarkan praktik di lapangan.
-   AMDAL
-   Kebijakan Lingkungan di Indonesia
-   Dampak kegiatan pembangunan dan pengelolaannya
-   Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak
-   Mendiskusikan kualitas lingkungan di berbagai daerah ditinjau dari kenyaman hidup masyarakat sekitar.
-   Membahas informasi kebijakan dan regulasi pengelolaan lingkungan di Indonesia.
-   Mendiskusikan tujuan, prosedur, dan rekomendasi yang ingin dicapai dengan adanya AMDAL sebelum melakukan pembangunan.
-   Melaksanaan praktik simulasi analisis mengenai dampak lingkungan pada suatu areal dengan karakteristik tertentu.
-   Mengobservasi langsung daerah yang telah dan sedang dibangun dan mempelajari hasil AMDALnya.
-   Mendiskusikan petingnya AMDAL dilaukan secara obyektif, profesional, dan cermat agar memperoleh rekomendasi yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.
·   Observasi/ pengamatan
·   Laporan praktikum

11
11(22)

-   Buku pelajaran
1.   Buku Mata pelajaran IPA (Biologi)
2.   Buku PKLH. Depdikbud Dirjen Dikdasmen
3.   Buku-buku lain yang relevan
-   Lingkungan sekolah





















1 komentar: