Nama Sekolah : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : XI / 3
Standar Kompetensi : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungannya
Kode Kompetensi : 2
Alokasi Waktu : 12 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1. Mengidentifikasi jenis limbah | § Pengertian limbah sebagai buangan hasil akibat aktivitas manusia yang akan mengganggu kesetimbangan alam jika jumlahnya melebihi nilai ambang batas § diseskripsikan dengan benar. § Macam-macam limbah diidentifikasi berdasarkan sumber yang ada di lingkungan. § Pengelompokan limbah berdasarkan jenis senyawa dan wujudnya dilakukan dengan benar. § Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata dan dipilah dengan benar. | § Limbah dan Jenisnnya | § Diskusi dan informasi tentang pengertian limbah di lingkungan § Mengelompokkan limbah organik dan anorganik berdasarkan jenis senyawanya, wujud, dan sumbernya. § Mendata dan memilah jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang. § Diskusi tentang hasil kegiatan. | § Tes tertulis § Penilaian proses § Tugas | 12 | | | Buku yang Relevan Buku sumber 1. Buku Mata pelajaran IPA (Biologi) 2. Buku PKLH. Depdikbud Dirjen Dikdasmen 3. Buku-buku lain yang relevan |
Nama Sekolah : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : XI / 3
Standar Kompetensi : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungannya
Kode Kompetensi : 2
Alokasi Waktu : 20 x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
2. Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja / sekolah | § Jenis-jenis polusi dan polutan didentifikasi berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja / sekolah. § Pengelompokan polutan berdasarkan jenis senyawa, wujud, dan sifatnya dilakukan dengan benar. § Jenis polutan di lingkungan kerja / sekolah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata dengan benar. | § Polusi di Lingkungan Kerja / sekolah | § Membuat karya ilmiah tentang jenis polusi, jenis polutan di lingkungan kerja berdasarkan hasil pengamatan lingkungan kerja / sekolah. § Diskusi dan informasi tentang jenis-jenis polutan yang terdapat di udara, air, dan tanah pada lingkungan kerja / sekolah. | § Tes tertulis. § Tugas | 4 | 3(6) | | Lingkungan Kerja / sekolah |
3. Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan | § Pengaruh dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia dideskripsikan dengan benar. § Dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada di lingkungan. | § Dampak Polusi Terhadap Kesehatan Manusia dan Lingkungan | § Membuat karya ilmiah tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan melalui pengkajian literatur. § Diskusi dan informasi tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. | § Tugas | 4 | 3(6) | | Buku atau Media Lain yang Relevan 1. Buku Mata pelajaran IPA (Biologi) 2. Buku PKLH. Depdikbud Dirjen Dikdasmen 3. Buku-buku lain yang relevan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar