Selasa, 11 Oktober 2011

Silabus IPA Kelas XI


Nama Sekolah                     : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
Mata Pelajaran                    : IPA
Kelas/Semester                   : XI / 3
Standar Kompetensi           : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungannya
Kode Kompetensi                : 2 
Alokasi Waktu                      : 12 x 45 Menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1. Mengidentifikasi jenis limbah

§  Pengertian limbah sebagai buangan hasil akibat aktivitas manusia yang akan mengganggu kesetimbangan alam jika jumlahnya melebihi nilai ambang batas
§  diseskripsikan dengan benar. 
§  Macam-macam limbah diidentifikasi berdasarkan sumber yang ada di lingkungan.
§  Pengelompokan limbah berdasarkan jenis senyawa dan wujudnya dilakukan dengan benar.
§  Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata dan dipilah dengan benar.
§  Limbah dan Jenisnnya
§ Diskusi dan informasi tentang pengertian limbah di lingkungan
§ Mengelompokkan limbah organik dan anorganik  berdasarkan jenis senyawanya, wujud,  dan sumbernya.
§ Mendata dan memilah jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang.
§ Diskusi tentang hasil kegiatan.
§ Tes tertulis
§ Penilaian proses
§ Tugas
12


Buku yang Relevan
Buku sumber
1. Buku Mata pelajaran IPA (Biologi)
2. Buku PKLH. Depdikbud Dirjen Dikdasmen
3. Buku-buku lain yang relevan



Nama Sekolah                     : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
Mata Pelajaran                    : IPA
Kelas/Semester                   : XI / 3
Standar Kompetensi           : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungannya
Kode Kompetensi               : 2 
Alokasi Waktu                      : 20 x 45 Menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.        Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja / sekolah
§  Jenis-jenis polusi dan polutan didentifikasi berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja / sekolah.
§  Pengelompokan polutan berdasarkan jenis senyawa, wujud, dan sifatnya dilakukan dengan benar.
§  Jenis polutan di lingkungan kerja / sekolah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata dengan benar.
§  Polusi di Lingkungan Kerja / sekolah
§ Membuat karya ilmiah tentang jenis polusi, jenis polutan di lingkungan kerja berdasarkan hasil pengamatan lingkungan kerja / sekolah.
§ Diskusi dan informasi tentang jenis-jenis polutan yang terdapat di udara, air, dan tanah pada lingkungan kerja / sekolah.
§ Tes tertulis.
§ Tugas
4
3(6)

Lingkungan Kerja / sekolah
3.        Mendeskripsikan dampak polusi  terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
§  Pengaruh dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia dideskripsikan dengan benar.
§  Dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungannya dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada di lingkungan.
§  Dampak Polusi Terhadap Kesehatan Manusia dan Lingkungan
§ Membuat karya ilmiah tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan melalui pengkajian literatur.
§ Diskusi dan informasi tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.
§ Tugas
4
3(6)


Buku atau Media Lain yang Relevan
1.    Buku Mata pelajaran IPA (Biologi)
2.    Buku PKLH. Depdikbud Dirjen Dikdasmen
3.    Buku-buku lain yang relevan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar