NAMA SEKOLAH : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/1
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1.1 Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial | § Interaksi sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya § Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiaannya § Interaksi sosial diidentifikasi menurut syarat-syaratnya | · Pengertian interaksi sosial · Pengertaian proses sosial · Syarat interaksi sosial | § Mengkaji referensi mengenai interaksi sosial berdasarkan pengertiaannya § Mengkaji referensi mengenai proses sosial berdasarkan pengertiaannya § Berdiskusi kelas tentang syarat interaksi sosial | § Tes tertulis § Tes lisan § Pengamatan § | 4 | - | - | § Buku-buku sosiologi § Buku-buku pegangan sosiologi SLTA § Koran § Gambar/kliping § Lingkungan sosial sekitar |
1.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian | § Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya § Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui § Pembentukan kepribadian dideskripsikan menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya | · Pengertian sosialisasi · Media sosialisasi · Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian | § Berdiskusi kelas tentang sosialisasi berdasarkan pengertiannya § Tugas kelompok mengenai sosialisasi menurut media yang dilalui § Berdiskusi tentang pembentukan kepribadian menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya | · Tes lisan · Tes tertulis · Performansi · Pengamatan · Portofolio | 4 | - | - | |
1.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial | · Interaksi primer diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar · Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar | · Interaksi primer · Interaksi sekunder | · Mengamati tentang interaksi primer berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar · Tanya jawab tentang interaksi sekunder berdasarkan fenomena sosial di lingkungan sekitar | · Tes lisan · Tes tertulis · Portofolio · Pengamatan | 2 | - | - | |
NAMA SEKOLAH : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : X/1
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
TM | PS | PI | | |||||
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah | · Proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat dijelaskan berdasarkan pengaruh yang ditimbulkan di berbagai daerah | · Latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur · Masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan, perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis · Dampak sosial, ekonomi, politik, dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme Barat di Nusantara · Perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme Barat | · Mendiskusikan latar belakang kedatangan orang-orang Eropa di dunia Timur · Mencari sumber informasi tentang masuknya kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan perluasan kolonialisme dan imperialisme Barat serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam Paksa, Sistem Politik Pintu Terbuka dan Politik Etis · Mengidentifikasi dampak sosial, ekonomi,politik dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme di Nusantara · Berdiskusi kelas mengenai perlawanan rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme | · Tes tertulis · Tes lisan · Observasi · Performansi · Portofolio | 14 | - | - | · Buku-buku sejarah · CD pembelajaran sejarah · Slide peristiwa-peristiwa sejarah · Foto-foto tokoh dan peristiwa sejarah · Museum · Perpustakaan |
2.2 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia | · Proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia diidentifikasi sesuai dengan corak perjuangannya | · Faktor-faktor yang melatarbelakangi munculnya pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal)· Perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional · Bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia · Gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia | · Mendiskusikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pergerakan nasional di Indonesia (faktor internal dan eksternal) · Mendiskusikan perkembangan pendidikan dan awal munculnya kesadaran nasional · Menganalisis bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional Indonesia · Mendiskusikan gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia | · Tes tertulis · Tes lisan · Performansi · Portofolio | 8 | - | - | · Buku-buku pembelajaran sejarah dan sumber tercetak lain yang relevan · Foto-foto tokoh dan peristiwa sejarah · CD pembelajaran sejarah · Museum · Perpustakaan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar