NAMA SEKOLAH : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN : Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER : X/1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI : Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
KODE KOMPETENSI : A
ALOKASI WAKTU : 52 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha | · Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi · Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan diidentifikasi berdasarkan sikap dan perilakunya dalam keseharian | · Pengertian kewirausahaan · Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis · Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan | · Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan · Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa · Mengetahui cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan lingkungan · Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal · Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri | · Tes tertulis · Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio · Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio | 1 | 2(4) | 4(16) | · Modul bahan ajar · Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan · Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa · Buku referensi yang relevan |
1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) | · Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi : - Kerja ikhlas - Kerja mawas >< emosional - Kerja cerdas - Kerja keras - Kerja tuntas | · Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif · Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi: - kerja ikhlas - kerja mawas >< emosional - kerja cerdas - kerja keras - kerja tuntas · Prinsip cara kerja prestatif | · Mengetahui pengertian, tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif · Menjelaskan cara kerja prestatif (selalu ingin maju) · Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat : - Kerja ikhlas - Kerja mawas >< emosiosonal - Kerja cerdas - Kerja keras - Kerja tuntas | · Tes tertulis · Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio · Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio | 1 | 2 (4) | 4(16) | · Modul bahan ajar · Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan · Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa · Buku referensi yang relevan |
1.3 Merumuskan solusi masalah | · Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri · Kecakapan mengolah informnasi, · Berpikir kreatif · Kecakapan memecahkan masalah, · Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja · Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis | · Pengertian masalah · Teknik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan · Membedakan masalah dan bukan masalah · Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya · Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah · Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah · Dampak dari pengambilan keputusan | · Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah · Mengetahui teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. · Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah · Menentukan alternatif pemecahan permasalahan | · Tes tertulis · Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio · Hasil penugasan dalam bentuk portofolio | 1 | 2 (4) | 4 (16) | · Modul bahan ajar · Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan · Buku referensi yang relevan |
1.4 Mengembangkan semangat wirausaha | · Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian · Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian · Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian · Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian | · Inovatif · Kreatifitas · Motivasi · Sikap bekerja efektif dan efisien | · Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha · Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi · Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien · Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan | · Tes tertulis · Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio · Hasil penugasan dalam bentuk portofolio | 1 | 2 (4) | 3(12) | · Modul bahan ajar · Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan · Buku referensi yang relevan |
1.5 Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain | · Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga · Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan · Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha · Selalu bekerja, berjuang dan berkorban | · Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi · Menerapkan perilaku tepat waktu · Menerapkan perilaku tepat janji · Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja · Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri | · Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas · Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan · Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan · Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan | · Tes tertulis · Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio · Hasil penugasan dalam bentuk portofolio | 1 | 2 (4) | 3(12) | · Modul bahan ajar · Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan · Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa · Buku referensi yang relevan |
1.6 Mengambil resiko usaha | · Identifikasi jenis-jenis resiko · Memperkecil resiko yang merugikan | · Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb · Manajemen resiko | · Memahami pengambilan resiko usaha · Macam-macam resiko · Unsur resiko · Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko negatif dan pengalihan resiko kepada pihak lain | · Tes tertulis · Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio · Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio | 1 | 2 (4) | 3(12) | · Modul bahan ajar · Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan · Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa · Buku referensi yang relevan |
1.7 Membuat keputusan | · Alternatif pemecahan masalah · Solusi memecahkan masalah · Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan | · Solusi pemecahan masalah · Komunikasi · Analisis SWOT | · Mengetahui pengertian pengambilan keputusan · Merumuskan atau mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event) dengan membuat alternatif- alternatif pemecahan masalah · Memecahkan masalah keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi (brainstorming, force field analysis). · Mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui diskusi dengan analisis SWOT). · Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan | · Tes tertulis · Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio · Hasil penugasan dalam bentuk portofolio | 1 | 2 (4) | 3(12) | · Modul bahan ajar · Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan · Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa · Buku referensi yang relevan |
1.8 Mekakukan komunikasi | · Kecakapan Mendengar · Kecakapan berbicara · Kecakapanmembaca · Kecakapan menuliskan pendapat dan gagasan | · Memahami teknik-teknik komunikasi dan cara-cara komunikas dengan menggunakan pikiran positif · Tata cara melakukan komunikasi kelompok · Melakukan wawancara · Termotivasi untuk melakukan komunikasi dengan baik dan benar dengan menggunakan pikiran positif · Berani mengemukakan pendapat dalam forum dengan tata cara yang benar | · Penjelasan mengenai konsep dasar komunikasi · Simulasi komunikasi personal tentang komunikasi yang : - Benar - Salah - Efektif - Tidak efektif · Tugas individu untuk melakukan komunikasi perorangani · Tugas individu untuk menemui seseorang/beberapa orang dalam lingkungan terbatas | · Simulasi · Presentasi · Pemberian tugas | 1 | 2(4) | 3(12) | · Lembar tugas · Modul bahan ajar |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar