Selasa, 11 Oktober 2011

Silabus Kewirausahaan X


NAMA SEKOLAH                                    :   SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN                                 :   Kewirausahaan                                              

KELAS/SEMESTER                                :   X/1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI                      :   Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
KODE KOMPETENSI                              :   A
ALOKASI WAKTU                                    :   52 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1   Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
       
·    Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi
·    Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan   diidentifikasi berdasarkan sikap dan   perilakunya dalam keseharian
·    Pengertian kewirausahaan
·    Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis
·    Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan
·    Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
·    Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
·    Mengetahui cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan lingkungan
·    Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
·    Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri
·    Tes tertulis
·    Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·    Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
1
2(4)
4(16)
·    Modul bahan ajar
·    Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·    Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·    Buku referensi yang relevan
1.2   Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)



·    Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :
-    Kerja ikhlas
-    Kerja mawas >< emosional
-    Kerja cerdas
-    Kerja keras
-    Kerja tuntas









·    Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
·    Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:
-    kerja ikhlas
-    kerja mawas >< emosional
-    kerja cerdas
-    kerja keras
-    kerja tuntas
·    Prinsip cara kerja prestatif



·    Mengetahui pengertian, tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif
·    Menjelaskan cara kerja prestatif (selalu ingin maju)
·    Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat :
-    Kerja ikhlas
-    Kerja mawas >< emosiosonal
-    Kerja cerdas
-    Kerja keras
-    Kerja tuntas
·    Tes tertulis
·    Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·    Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
1
2  (4)
4(16)
·    Modul bahan ajar
·    Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·    Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·    Buku referensi yang relevan
1.3   Merumuskan solusi masalah




·    Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri
·    Kecakapan mengolah informnasi, 
·    Berpikir kreatif
·    Kecakapan memecahkan masalah,
·    Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja
·    Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis
·    Pengertian masalah
·    Teknik  pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
·    Membedakan masalah dan bukan masalah
·    Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya
·    Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah
·    Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah
·    Dampak dari pengambilan keputusan
·    Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah
·    Mengetahui teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian  di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
·    Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah
·    Menentukan alternatif pemecahan permasalahan
·    Tes tertulis
·    Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·    Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
1
2  (4)
4 (16)
·    Modul bahan ajar
·    Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·    Buku referensi yang relevan
1.4   Mengembangkan semangat wirausaha
·    Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian
·    Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian
·    Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
·    Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian 
·         Inovatif
·         Kreatifitas
·         Motivasi
·         Sikap bekerja efektif dan efisien
·    Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
·    Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi
·    Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien
·    Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
·    Tes tertulis
·    Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·    Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
1
2  (4)
3(12)
·    Modul bahan ajar
·    Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·    Buku referensi yang relevan
1.5   Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
·    Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga
·    Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan
·    Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha
·    Selalu bekerja, berjuang dan berkorban
·    Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
·    Menerapkan perilaku tepat waktu
·    Menerapkan perilaku tepat janji
·    Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja
·    Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri
·    Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas
·    Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
·    Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan 
·    Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan
·    Tes tertulis
·    Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·    Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
1
2  (4)
3(12)
·    Modul bahan ajar
·    Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·    Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·    Buku referensi yang relevan
1.6   Mengambil resiko usaha
·    Identifikasi jenis-jenis resiko
·    Memperkecil resiko yang merugikan

·    Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb
·    Manajemen resiko
·    Memahami pengambilan resiko usaha
·    Macam-macam resiko
·    Unsur resiko
·    Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko negatif  dan pengalihan resiko kepada pihak lain





·    Tes tertulis
·    Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·    Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
1
2 (4)
3(12)
·    Modul bahan ajar
·    Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·    Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·    Buku referensi yang relevan
1.7   Membuat keputusan

·    Alternatif pemecahan masalah
·    Solusi memecahkan masalah
·    Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan

·    Solusi pemecahan masalah
·    Komunikasi
·    Analisis SWOT
·    Mengetahui pengertian pengambilan keputusan
·    Merumuskan atau mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event) dengan membuat alternatif- alternatif pemecahan masalah
·    Memecahkan masalah keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi (brainstorming, force field analysis).
·    Mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui diskusi  dengan analisis SWOT).
·    Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan
·    Tes tertulis
·    Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·    Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
1
2  (4)
3(12)
·    Modul bahan ajar
·    Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·    Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·    Buku referensi yang relevan
1.8   Mekakukan komunikasi






















·    Kecakapan Mendengar
·    Kecakapan berbicara
·    Kecakapanmembaca
·    Kecakapan menuliskan pendapat dan gagasan
·    Memahami teknik-teknik komunikasi dan cara-cara komunikas dengan menggunakan pikiran positif
·    Tata cara melakukan komunikasi kelompok
·    Melakukan wawancara
·    Termotivasi untuk melakukan komunikasi dengan baik dan benar dengan menggunakan pikiran positif
·    Berani mengemukakan pendapat dalam forum dengan tata cara yang benar
·    Penjelasan mengenai konsep dasar komunikasi
·    Simulasi komunikasi personal tentang komunikasi yang :
-         Benar
-         Salah
-         Efektif
-         Tidak efektif

·    Tugas individu untuk melakukan komunikasi perorangani
·    Tugas individu untuk menemui seseorang/beberapa orang dalam lingkungan terbatas



·    Simulasi
·    Presentasi
·    Pemberian tugas
1
2(4)
3(12)
·    Lembar tugas
·    Modul bahan ajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar