NAMA SEKOLAH : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : Xl/1
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
TM | PS | PI | ||||||
5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan | § Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya § Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan bentuk-bentuknya | · Pengertian dan ciri struktur sosial · Fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial | § Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya. § Berdiskusi tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya | · Tes tertulis · Pengamatan | 4 | - | - | § Buku-buku sosiologi § Buku-buku pegangan sosiologi SLTA § Koran § Gambar/ kliping § Lingkungan sosial sekitar |
5.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat | § Konflik sosial dijelaskan menurut pengertiannya § Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya § Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya § Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang muncul | · Pengertian konflik sosial · Faktor-faktor penyebab konflik sosial · Bentuk pengendalian konflik sosial · Dampak konflik sosial | § Menggali informasi tentang konflik sosial menurut pengertiannya § Berdiskusi kelompok tentang konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya § Berdiskusi kelas tentang konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannya § Tugas individu tentang konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul | · Tes lisan · Tes tertulis · Pengamatan · Portofolio | 8 | - | - |
NAMA SEKOLAH : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/1
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
TM | PS | PI | ||||||
6. 1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural | § Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya § Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya § Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada | · Pengertian kelompok sosial · Pengertian masyarakat multikultural · Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural | § Mengkaji referensi tentang kelompok sosial berdasarkan pengertiannya § Berdiskusi tentang masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya § Berdiskusi tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural | · Tes tertulis · Pengamatan | 6 | - | - | § Buku-buku sosiologi § Buku-buku antropologi § Buku-buku pegangan sosiologi & antropologi SLTA § Koran § Gambar/ kliping § Lingkungan sosial sekitar |
6. 2 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural | § Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya § Masyarakat multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya | · Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural · Karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia | § Tugas kelompok tentang masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya § Berdiskusi kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya | · Tes tertulis · Pengamatan · Portofolio | 6 | - | - | |
6. 3 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural | · Solidaritas mekanik dan solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim · Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut pendapat F. Tonnies Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris · In-group dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner | · Solidaritas mekanik dan solidaritas organik · Gemeinschaft dan gesselschaft · Kelompok primer dan kelompok sekunder · In-group dan out-group | Berdiskusi dan tugas kelompok tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat multikultural menurut beberapa tokoh sosiologi | · Tes tertulis · Performansi · Pengamatan · Portofolio | 8 | - | - |
NAMA SEKOLAH : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/2
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
TM | PS | PI | ||||||
7. 1 Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antarbudaya | § Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya § Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya § Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya § Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan § Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya | · Pengertian budaya dan budaya lokal · Unsur-unsur budaya · Macam-macam budaya lokal di Indonesia · Dampak masuknya budaya asing · Hubungan antarbudaya | § Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya § Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia § Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing § Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya | · Tes lisan · Tes tertulis · Performansi · Pengamatan · Portofolio | 10 | - | - | § Buku-buku antropologi § Buku-buku pegangan antropologi SLTA § Koran § Gambar/ kliping § Lingkungan sosial & alam sekitar § Benda-benda budaya |
7. 2 Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional | · Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya · Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya · Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi masyarakat setempat | · Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya · Manfaat keberagaman budaya Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat | · Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya · Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat | · Tes tertulis · Pengamatan · Portofolio | 8 | - | - | |
7. 3 Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya | · Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul · Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI § Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat | · Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya · Pentingnya integrasi nasional · Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya · Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya | · Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya · Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI § Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya | · Tes lisan · Tes tertulis · Pengamatan | 8 | - | - | |
7. 4 Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya | · Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari § Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari | · Menghargai budaya orang lain · Menjaga dan melestarikan budaya lokal | · Simulasi tentang menghargai budaya orang lain · Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal | · Tes lisan · Pengamatan · Skala sikap · Wawancara | 6 | - | - | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar