NAMA SEKOLAH                   :   SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN                :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER              :    Xl/1
|     Kompetensi Dasar  |        Indikator  |        Materi Pembelajaran  |        Kegiatan Pembelajaran  |        Penilaian  |        Alokasi Waktu  |        Sumber Belajar  |   ||
|     TM  |        PS  |        PI  |   ||||||
|     5.1    Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan  |        § Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya § Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan bentuk-bentuknya  |        ·       Pengertian   dan ciri struktur sosial ·       Fungsi dan   bentuk-bentuk struktur sosial  |        § Menggali informasi   tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya. § Berdiskusi tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya  |        ·       Tes   tertulis  ·       Pengamatan  |        4  |        -  |        -  |        § Buku-buku sosiologi  § Buku-buku pegangan   sosiologi SLTA § Koran  § Gambar/        kliping § Lingkungan sosial   sekitar  |   
|     5.2  Menganalisis   faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat  |        § Konflik sosial   dijelaskan menurut pengertiannya § Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya § Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya § Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang muncul  |        ·       Pengertian   konflik sosial ·       Faktor-faktor   penyebab konflik sosial ·       Bentuk   pengendalian konflik sosial ·       Dampak   konflik sosial  |        § Menggali informasi tentang konflik sosial menurut pengertiannya § Berdiskusi kelompok tentang konflik sosial berdasarkan faktor-faktor   penyebabnya § Berdiskusi kelas tentang konflik sosial berdasarkan bentuk   pengendaliannya § Tugas individu tentang konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul  |        ·       Tes   lisan ·       Tes   tertulis  ·       Pengamatan ·       Portofolio  |        8  |        -  |        -  |   |
NAMA SEKOLAH                :   SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN             :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER            :    XI/1
|     Kompetensi Dasar  |        Indikator  |        Materi Pembelajaran  |        Kegiatan Pembelajaran  |        Penilaian  |        Alokasi Waktu  |        Sumber Belajar  |   ||
|     TM  |        PS  |        PI  |   ||||||
|     6. 1   Mendeskripsikan   berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural  |        § Kelompok sosial   dijelaskan berdasarkan pengertiannya § Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya § Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut   hubungan yang ada  |        ·       Pengertian   kelompok sosial ·       Pengertian   masyarakat multikultural ·       Hubungan kelompok   sosial dengan masyarakat multikultural  |        § Mengkaji referensi tentang kelompok sosial berdasarkan pengertiannya § Berdiskusi tentang masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya § Berdiskusi tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural     |        ·       Tes   tertulis ·       Pengamatan  |        6  |        -  |        -  |        § Buku-buku sosiologi  § Buku-buku   antropologi  § Buku-buku pegangan sosiologi & antropologi SLTA § Koran  § Gambar/       kliping § Lingkungan sosial   sekitar  |   
|     6. 2   Mendeskripsikan   perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural  |        § Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya § Masyarakat multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan   karakteristiknya  |        ·       Faktor   penyebab timbulnya masyarakat multikultural ·       Karakteristik   masyarakat multikultural di Indonesia  |        § Tugas kelompok tentang masyarakat multikultural menurut faktor   penyebabnya § Berdiskusi kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia   berdasarkan karakteristiknya  |        ·       Tes   tertulis  ·       Pengamatan ·       Portofolio  |        6  |        -  |        -  |   |
|     6. 3   Mendeskripsikan   keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural  |        ·       Solidaritas mekanik   dan solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim ·       Gemeinschaft dan   gesselschaft dijelaskan menurut pendapat F. Tonnies Kelompok primer   dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris ·       In-group   dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner  |        ·       Solidaritas mekanik   dan solidaritas organik ·       Gemeinschaft   dan gesselschaft ·       Kelompok   primer dan kelompok sekunder ·       In-group   dan out-group  |        Berdiskusi dan tugas kelompok tentang   kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat multikultural menurut beberapa   tokoh sosiologi  |        ·       Tes   tertulis  ·       Performansi ·       Pengamatan ·       Portofolio  |        8  |        -  |        -  |   |
NAMA SEKOLAH                  :   SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN              :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER            :    XI/2
|     Kompetensi Dasar  |        Indikator  |        Materi Pembelajaran  |        Kegiatan Pembelajaran  |        Penilaian  |        Alokasi Waktu  |        Sumber Belajar  |   ||
|     TM  |        PS  |        PI  |   ||||||
|     7. 1    Mengidentifikasi   berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antarbudaya   |        § Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya § Budaya dijelaskan   berdasarkan unsur-unsurnya § Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya § Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan § Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya  |        ·       Pengertian   budaya dan budaya lokal ·       Unsur-unsur   budaya ·       Macam-macam budaya lokal   di Indonesia ·       Dampak   masuknya budaya asing ·       Hubungan   antarbudaya  |        § Menyimak tentang   pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya § Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia § Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing  § Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya  |        ·       Tes   lisan ·       Tes   tertulis  ·       Performansi ·       Pengamatan ·       Portofolio  |        10  |        -  |        -  |        § Buku-buku   antropologi  § Buku-buku pegangan antropologi SLTA § Koran  § Gambar/ kliping § Lingkungan sosial   & alam sekitar § Benda-benda  budaya  |   
|     7. 2    Mendeskripsikan   potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya   dengan budaya nasional  |        ·       Keberagaman budaya   diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya ·       Keberagaman   budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya ·       Contoh-contoh   budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi    masyarakat setempat  |        ·       Faktor-faktor   penyebab keberagaman budaya ·       Manfaat   keberagaman budaya Contoh-contoh   budaya lokal di masyarakat setempat  |        ·       Berdiskusi kelas   tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat   keberagaman budaya ·       Tugas individu tentang   contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi    masyarakat setempat  |        ·       Tes   tertulis  ·       Pengamatan ·       Portofolio  |        8  |        -  |        -  |   |
|     7. 3    Mengidentifikasi   berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya   |        ·       Keberagaman   budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul  ·       Integrasi nasional   dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI § Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran   pemerintah dan masyarakat  |        ·       Masalah-masalah yang   muncul akibat keberagaman budaya ·       Pentingnya   integrasi nasional ·       Peran masyarakat dalam   menjaga keselarasan antarbudaya ·       Peran pemerintah dalam   menjaga keselarasan antarbudaya   |        ·       Berdiskusi tentang   masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya ·       Menyimak informasi   tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI § Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga   keselarasan antarbudaya  |        ·       Tes   lisan ·       Tes   tertulis  ·       Pengamatan  |        8  |        -  |        -  |        |   
|     7. 4    Menunjukkan   sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya  |        ·       Menghargai budaya   orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari § Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan   sehari-hari  |        ·       Menghargai   budaya orang lain ·       Menjaga dan   melestarikan budaya lokal  |        ·       Simulasi   tentang menghargai budaya orang lain ·       Bermain peran tentang   menjaga dan melestarikan budaya lokal  |        ·       Tes   lisan ·       Pengamatan ·       Skala   sikap ·       Wawancara  |        6  |        -  |        -  |        |   
Tidak ada komentar:
Posting Komentar