Selasa, 11 Oktober 2011

Silabus IPS Kelas XI



NAMA SEKOLAH                   :   SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN                :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER              :    Xl/1
STANDAR KOMPETENSI    :   Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
KODE KOMPETENSI           :   5
ALOKASI WAKTU                 :   12 x 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
TM
PS
PI
5.1  Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
§ Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya
§ Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
·     Pengertian dan ciri struktur sosial
·     Fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial
§ Menggali informasi tentang struktur sosial berdasarkan pengertian dan ciri-cirinya.
§ Berdiskusi tentang struktur sosial menurut fungsi dan bentuk-bentuknya
·     Tes tertulis
·     Pengamatan

4
-
-
§ Buku-buku sosiologi
§ Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
§ Koran
§ Gambar/
     kliping
§ Lingkungan sosial sekitar

5.2  Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
§ Konflik sosial dijelaskan menurut pengertiannya
§ Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
§ Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk pengendaliannya
§ Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang muncul
·     Pengertian konflik sosial
·     Faktor-faktor penyebab konflik sosial
·     Bentuk pengendalian konflik sosial
·     Dampak konflik sosial
§ Menggali informasi tentang konflik sosial menurut pengertiannya
§ Berdiskusi kelompok tentang konflik sosial berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
§ Berdiskusi kelas tentang konflik sosial berdasarkan bentuk pengendaliannya
§ Tugas individu tentang konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
·     Tes lisan
·     Tes tertulis
·     Pengamatan
·     Portofolio

8
-
-
















NAMA SEKOLAH                :   SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN             :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER            :    XI/1
STANDAR KOMPETENSI  :   Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
KODE KOMPETENSI          :   6
ALOKASI WAKTU                :   20 x 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
TM
PS
PI
6. 1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

§ Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
§ Masyarakat multikultural dideskripsikan berdasarkan pengertiannya
§ Kelompok sosial dan masyarakat multikultural dideskripsikan menurut hubungan yang ada
·     Pengertian kelompok sosial
·     Pengertian masyarakat multikultural
·     Hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
§ Mengkaji referensi tentang kelompok sosial berdasarkan pengertiannya
§ Berdiskusi tentang masyarakat multikultural berdasarkan pengertiannya
§ Berdiskusi tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural
·     Tes tertulis
·     Pengamatan
6
-
-
§ Buku-buku sosiologi
§ Buku-buku antropologi
§ Buku-buku pegangan sosiologi & antropologi SLTA
§ Koran
§ Gambar/
    kliping
§ Lingkungan sosial sekitar

6. 2 Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

§ Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut faktor penyebabnya
§ Masyarakat multikultural di Indonesia diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya
·     Faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural
·     Karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia
§ Tugas kelompok tentang masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
§ Berdiskusi kelas tentang masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya
·     Tes tertulis
·     Pengamatan
·     Portofolio

6
-
-
6. 3 Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
·     Solidaritas mekanik dan solidaritas organik dijelaskan menurut pendapat Durkheim
·     Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut pendapat F. Tonnies
Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
·     In-group dan out-group dijelaskan menurut pendapat W.G. Sumner
·     Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
·     Gemeinschaft dan gesselschaft
·     Kelompok primer dan kelompok sekunder
·     In-group dan out-group
Berdiskusi dan tugas kelompok tentang kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat multikultural menurut beberapa tokoh sosiologi
·     Tes tertulis
·     Performansi
·     Pengamatan
·     Portofolio

8
-
-






NAMA SEKOLAH                  :   SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
MATA PELAJARAN              :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS/SEMESTER            :    XI/2
STANDAR KOMPETENSI  :   Memahami kesamaan dan keberagaman budaya
KODE KOMPETENSI          :   7
ALOKASI WAKTU                :   32 x 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
TM
PS
PI
7. 1  Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing, dan hubungan antarbudaya
§ Budaya dan budaya lokal dijelaskan menurut pengertiannya
§ Budaya dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya
§ Budaya lokal di Indonesia diidentifikasi berdasarkan macam-macamnya
§ Masuknya budaya asing diidentifikasi melalui dampak yang ditimbulkan
§ Budaya diidentifikasi berdasarkan hubungannya antarbudaya
·     Pengertian budaya dan budaya lokal
·     Unsur-unsur budaya
·     Macam-macam budaya lokal di Indonesia
·     Dampak masuknya budaya asing
·     Hubungan antarbudaya

§ Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal, dan unsur-unsur budaya
§ Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia
§ Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing
§ Tugas kelompok tentang hubungan antarbudaya
·     Tes lisan
·     Tes tertulis
·     Performansi
·     Pengamatan
·     Portofolio

10
-
-
§ Buku-buku antropologi
§ Buku-buku pegangan antropologi SLTA
§ Koran
§ Gambar/ kliping
§ Lingkungan sosial & alam sekitar
§ Benda-benda  budaya

7. 2  Mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
·     Keberagaman budaya diidentifikasi berdasarkan faktor-faktor penyebabnya
·     Keberagaman budaya dianalisis berdasarkan manfaatnya
·     Contoh-contoh budaya lokal dideskripsikan sesuai kondisi  masyarakat setempat
·     Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
·     Manfaat keberagaman budaya
Contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat

·     Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya dan manfaat keberagaman budaya
·     Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi  masyarakat setempat
·     Tes tertulis
·     Pengamatan
·     Portofolio

8
-
-
7. 3  Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya
·     Keberagaman budaya dijelaskan berdasarkan masalah-masalah yang muncul
·     Integrasi nasional dideskripsikan berdasarkan kepentingan dalam NKRI
§ Menjaga keselarasan antarbudaya diidentifikasi berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
·     Masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
·     Pentingnya integrasi nasional
·     Peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
·     Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antarbudaya
·     Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
·     Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi nasional berdasarkan NKRI
§ Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antarbudaya
·     Tes lisan
·     Tes tertulis
·     Pengamatan

8
-
-

7. 4  Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya
·     Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap sehari-hari
§ Menjaga dan melestarikan budaya lokal ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari
·     Menghargai budaya orang lain
·     Menjaga dan melestarikan budaya lokal
·     Simulasi tentang menghargai budaya orang lain
·     Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal
·     Tes lisan
·     Pengamatan
·     Skala sikap
·     Wawancara
6
-
-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar