Selasa, 11 Oktober 2011

Silabus IPA Kelas X

Nama Sekolah                     : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
Mata Pelajaran                    : IPA
Kelas/Semester                   : X / 1
Standar Kompetensi           : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kode Kompetensi               : 1
Alokasi Waktu                      : 32 x 45 Menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.     Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
§  Langkah-langkah metode ilmiah diijelaskan  dan masing-masing diberikan contohnya
§  Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat dan masalah  yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.
§  Hipotesis disusun sebagai solusi terhadap masalah  yang telah dirumuskan.  Rumusan hipotesis memperlihatkan hubungan antar variabel.
§  Rencana penelitian disusun dengan varibel-variabel (manipulasi, respon, dan kontrol) yang akan diukur, prosedur, cara pengumpulan data dan mengolah data diuraikan dengan jelas.
§  Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat, diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.
§  Laporan penelitian ditulis, dikomunikasikan dan hasilnya dipertahankan dengan argumentasi yang sesuai.
§  Metode ilmiah
§  Perumusan masalah
§  Perumusan hipotesis
§  Perancangan penelitian
§  Pelaksanaan penelitian
§  Pelaporan penelitian

§ Mendiskusikan metode ilmiah, diidentifikasi langkah-langkah ilmiah dan contohnya
§ Melakukan pengamatan gejala alam biotik di lingkungan sekitar (perilaku maupun keadaan hewan, tumbuhan, dan mikroorgamisme baik pada individu maupun dampak dari perilaku individu itu. Misalnya, luruhnya bunga sebelum waktunya pada tanaman tertentu, hilangnya populasi katak di suatu kawasan, dsb).
§ Diskusi kelompok untuk: merumuskan masalah dari temuan gejala alam biotik di lingkungan sekitar sebagai isyu yang perlu dibahas selanjutnya; melengkapi informasi, baik dengan melakukan penga-matan yang lebih cermat di lokasi sesuai dengan masalah yang dirumuskan, ataupun studi pustaka di perpustakaan/ intenet; Informasi itu selanjutnya digunakan untuk membuat hipotesis; menyusun rencana penelitian.
§ Melakukan penelitian sesuai dengan rencana yang disusun.
§ Mengkomunikasikan hasil penelitian.

§ Observasi kinerja
§ Produk
§ Tes tertulis
11






11(22)

§  Lingkungan
§  Buku sumber
1.   Buku Mata pelajaran IPA (Biologi)
2. Buku PKLH. Depdikbud Dirjen Dikdasmen
3. Buku-buku lain yang relevan


Nama Sekolah                     : SMK PELITA AL-QUR’AN BUMIREJO WONOSOBO
Mata Pelajaran                    : IPA
Kelas/Semester                   : X / 2
Standar Kompetensi           : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kode Kompetensi                : 1
Alokasi Waktu                      : 32 x 45 Menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.     Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik


§ Gejala alam yang terjadi dilingkungan sekitar diidentifikasi dengan benar. (contoh: peristiwa siang & malam, pelangi, tsunami, gempa, bencana, dll)
§ Faktor-faktor terjadinya gempa dijelaskan dengan benar.
§ Faktor-aktor terjadinya bencana alam tsunami dijelaskan dengan benar.
§ Pengetahuan tentang antisipasi akibat dari bencana alam diidentifikasi dengan benar.


§ Rotasi bumi dan peristiwa siang dan malam
§ Gempa bumi sebagai bentuk gejala alam
§ Tsunami sebagai bentuk gejala alam
§ Antisipasi bencana alam



§ Melakukan diskusi untuk membahas proses-proses fisika yang terjadi dalam peristiwa rotasi bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
§ Membaca literatur dan sumber belajar (misalnya koran) tentang peristiwa gempa bumi.
§ Melakukan Kunjungan/ observasi ke BMG
§ Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gempa bumi.
§ Melihat tayangan dan membaca literatur (misalnya koran) tentang peristiwa tsunami.
§ Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tsunami.
§ Membuat daftar langkah penyelamatan yang harus dilakukan apa bila pada saat terjadinya bencana gempa dan tsunami.
§ Melakukan simulasi penyelamatan saat terjadinya gempa dan tsunami.
§ Observasi/ pengamatan
§ Tugas kelompok
11
11(22)



§ Lingkungan
§ Buku sumber
1.   Buku Mata pelajaran IPA (Biologi)
2.   Buku PKLH. Depdikbud Dirjen Dikdasmen
3.   Buku-buku lain yang relevan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar